Agen pulsa murah SERVERKU BERKAH

Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Casing Komputer

Jenis-Jenis Casing Komputer
Komputer merupakan gabungan dari beberapa komponen elektronika yang saling terhubung satu sama lain dan dipadukan kedalam sebuah Casing yang membentuk sebuah sistem komputer. Pada dasarnya casing komputer memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga setiap komponen komputer dari segala kemungkinan yang terjadi entah itu benturan, terjangan, air yang tumpah, senggolan, dan lain-lain. Oleh kerena itu Casing komputer sangat dibutuhkan dalam merangkai atau merakit sebuah komputer, walaupun komputer dapat berjalan tanpa casing namun tetap saja kurang sempurna apabila itu disebut komputer. Meskipun terkesan sepele, dalam membeli case komputer juga tidak boleh sembarangan, pastikan sesuai dengan standard komponen komputer yang Anda miliki, jika kurang maka tidak baik dan jika lebih juga tidak baik, misal komponen komputer Anda biasa-biasa saja dengan kinerja sistem yang tidak terlalu tinggi, kemudian Anda memberinya case komputer untuk gaming, tentu ini tidak maksimal, begitupun sebaliknya. Nah kali ini saya akan menjelaskan apa itu Casing komputer, fungsi Case, dan jenis-jenis casing komputer.


⠶ Pengertian Casing Komputer
Case komputer adalah rumah, wadah, atau tempat bagi sekumpulan komponen hardware (perangkat keras) komputer seperti Motherboard, Processor, VGA card, power supply, Hardisk, SSD, optical drive, kipas pendingin (Fan), Lan Card, dan lain-lain. Casing komputer juga dikenal sebagai Chassis, Tower, Housing, System Unit, Cabinet, Base Unit atau hanya Case saja. Pada dasarnya casing PC terbuat dari bahan baja (SECC: Steel, Electrogalvanized, Cold rolled, Coil), acryli, seng, aluminium, kaca, dan plastik. Namun jika mengingat jaman sekarang yang begitu pesat akan teknologi ini memungkinkannya akan ada bahan lain lagi yang akan digunakan untuk membuat case. Tidak hanya itu, casing juga memiliki desain atau bentuk yang berbeda-beda karna setiap vendor memiliki desainnya sendiri, oleh karena itu casing memiliki berbagai macam bentuk yang menarik, keren, serta elegant.

⠶ Fungsi Case Komputer
    1. Sebagai Pelindung 
    Tanpa casing, komponen komputer akan sangat sensitif terhadap apapun yang berada didekatnya bahkan cenderung rusak apabila tidak diberi pelindung karna pada umunya perangkat-parangkat komputer yang dibiarkan terbuka akan rentan terkena kotoran, benda asing, benturan, hewan, cairan, serta gangguan listrik (EMI/RFI).

    2. Sistem Struktur 
    Tidak hanya sebagai pelindung, casing PC juga berperan menyusun setiap tatanan komponen-komponen perangkat keras komputer sehingga tampak rapi dan bagus. Selain itu case komputer juga berfungsi merangkul dan sekaligus memegang semua komponen menjadi satu kesatuan yang saling terhubung satu sama lain.

    3. Pendinginan Yang baik 
    Casing di desain agar memiliki sistem pendingin yang canggih sehingga mampu membuang udara panas, dan sekaligus menjaga suhu tetap stabil didalam casing. Dengan lobang-lobang yang sudah terorganisir tentu sirkulasi udara berjalan dengan baik.

    4. Kebisingan 
    Cukup banyak  sebenarnya peripheral-peripheral komputer yang menimbulkan suara dan membuat kebisingan seperti Harddisk dengan putaran cakramnya, kipas komputer (Fan), Power Supply, dan juga Video card. Namun dengan casing komputer, suara yang di timbulkan dapat diredam sehingga kebisingan yang terjadi berkurang.

    5. Estetika Eksetika 
    Orang-orang lebih suka melihat casing komputer dari pada Papan Sirkuit, kabel, power supply, Hardisk, SSD, optical drive, kipas pendingin (Fan) yang terkesan berantakan, tidak rapi, dan berhamburan.

    ⠶ Jenis-jenis Casing Komputer

    ⠗Casing Full-Tower
    Jenis-Jenis Casing Komputer
    Casing komputer jenis full-tower ini memiliki ukuran terbesar diantara jenis casing lainnya, dan diperuntukan untuk PC yang memiliki spesifikasi tinggi dan ruang casing yang lebih luas sebagai tempat untuk meletakan komponen-komponen komputer yang banyak serta besar. Casing full tower cocok digunakan bagi para profesional mungkin seperti design profesional, content profesional, gamers, overclocker ekstreme atau untuk PC server.

    Casing jenis ini bisa menampung semua ukuran motherboard seperti Micro-ATX, ATX, E-ATX dan XL-ATX, selain itu Case ini memiliki empat sampai sembilan 5,25 drive bays dan bisa menggunakan lebih dari dua VGA card dan komponen eksternal lainnya. Dengan bobot yang besar case ini juga mempunyai ruang untuk pemasangan sistem pendinginan yang membutuhkan ruang yang luas seperti  air radiator atau water cooling, sehingga bisa dikatakan bahwa case jenis ini memiliki sistem cooling yang canggih.

    ⠗Casing Middle-Tower
    20 Casing PC Gaming Murah

    Casing jenis mid-tower ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan casing full-tower tapi masih bisa menampung motherboard dengan spesifikasi ukuran Micro-ATX dan ATX, casing dengan ukuran menengah ini lah yang paling banyak dijumpai di toko-toko komputer dan  paling banyak digunakan  orang-orang saat ini. Ukuran tinggi rata-rata 45 hingga 60 cm dan memiliki 2 hingga 4 bay internal dan eksternal. Casing jenis Mid Tower merupakan konfigurasi yang paling optimal di pasaran. Casing mid-tower ini mungkin cocok bagi para gamer yang membutuhkan casing dengan ukuran sedang dan membutuhkan ruang yang cukup untuk dipasang beberapa perangkat keras (hardware).

    Casing Mini-Tower

    Jenis-Jenis Casing Komputer

    Casing mini-tower ini ukurannya lebih kecil apabila dibandingkan dengan casing mid-tower, casing jenis ini hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Micro-ATX. Casing komputer jenis Mini Tower memiliki 2 atau kadang 3 bay drive internal sebagai standar, dan ukuran 30 hingga 45 cm. Casing Mini Tower biasanya hanya digunakan untuk PC kantoran dan warnet yang membutuhkan spesifikasi dasar dan ruangan yang sempit untuk meletakan casing ini dibawah atau diatas mejanya. Meskipun Casing jenis ini portabel dan bisa disimpan di ruang yang lebih kecil, namum kemampuan upgrade-nya dianggap sebagai masalah terbesarnya.

    ⠗Casing Mini-Tower ITX 
    Jenis-Jenis Casing Komputer

    Sesuai dengan namanya, casing mini-ITX ini hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Mini-ITX,  karena ukurannya yang kecil jika dibandingkan casing mini-tower, maka case ini cocok apabila dipergunakan untuk kebutuhan pelajar. Biasanya casing jenis ini menggunakan power supply dengan ukuran khusus yang lebih kecil dari power supply pada umumnya dan juga kita tidak akan menemukan bay optical drive.

    ⠗Casing Slim
    Jenis-Jenis Casing Komputer
    Casing komputer jenis Slimline umumnya bersifat fleksibel karena bisa digunakan dengan posisi tidur atau berdiri sehingga mampu menahan dan sekaligus sebagai tempat meletakan monitor di bagian atas Casing. Sama seperti komputer satu dekade yang lalu namun yang ini lebih ramping dan lebih kuat.

    ⠗Casing Desktop
    Jenis-Jenis Casing Komputer
    HTPC (Home Theater PC atau Media Center PC) merupakan Casing komputer berbentuk kotak dan memiliki ukuran yang kecil serta biasanya mendukung motherboard mini ITX. Memiliki ukuran lebar kira-kira 30 – 40 cm dan panjang kira-kira 50 – 60 cm, selain itu case ini cukup berat walau terlihat kecil. Casing Desktop ini biasanya berada tepat di bawah monitor. Meskipun Casing jenis ini sudah tergolong lama, namum masih banyak orang-orang atau perusaan yang menggunakannya, seperti digunakan pada ruangan meeting yang hanya membutuhkan software dari microsoft office untuk melakukan presentasi.

    ⠗Casing Large Server

    Jenis-Jenis Casing Komputer

    Seperti nama nya. casing jenis ini diperuntukan untuk merangkai jaringan server, dimana case ini biasanya berbentuk seperti filecabinet dengan ukuran yang cukup besar dan memiliki banyak bays. Karna digunakan untuk server maka casing ini biasanya digunakan untuk menyimpan banyak perangkat keras penyimpanan.

    ⠗Casing Small Form Factor (SFF)
    Jenis-Jenis Casing Komputer
    SFF memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi dari slim, kecil, hingga besar. Casing jenis ini dapat seukuran sebuah kotak sepatu atau seukuran sebuah buku.  Sebuah komputer Small Form Factor (SFF) adalah jenis ukuran komputer yang di desain untuk meminimalisir ukuran volume dari sebuah komputer desktop. SFF itu bukan spesifikasi seperti ATX, micro-ATX, BTX, mini-ITX, dan sebagainya.  melainkan SFF hanyalah sebuah istilah untuk menjelaskan sebuah komputer yg dibangun dengan tujuan agar menjadi sekecil mungkin.

    ⠗Casing Rackmmount

    Jenis-Jenis Casing Komputer

    Rackmountmerupakan casing berbentuk tipis, pipih horizontal dan dapat disusun layaknya sebuah rak pada sebuah lemari khusus. Rackmountdisusun secara berlapis dari atas ke bawah pada semua cabinet chassis khusus server, dengan ukuran yang bervariasi. Pada sistem rackmount ada istilah yang merepresentasikan jumlah unit server yang bisa dipasang pada rak, yaitu 1U, 2U atau 3U. 1U sendiri melambangkan ketebalan (tinggi) server dalam satu 1.75 inchi (44.5mm). Dengan rackmount maka pengaturan server yang berjumlah lebih dari 2 unit atau lebih akan tertata dengan baik. Rackmount umumnya dipakai untuk institusi yang menggunakan fungsi server berbeda pada satu rak, seperti Web Server, Database Server, dan sebagainya. 

    ⠶ Jenis casing dibagi menurut kegunaannya
    • Casing gaming
      Casing gaming pada umumnya berjenis full tower dan middle tower, karena casing ini kegunaanya untuk para gamers yang membutuhkan ruang yang lebar untuk menempatkan beberapa perangkat hardwarenya. Selain itu casing gaming ini biasanya memiliki desain yang keren, banyak fan case nya serta banyak LED yang menyala untuk menambah kesan menarik, menawan, serta indah untuk dipandang.
    • Casing Value
      Casing value ini biasanya dipakai oleh orang-orang yang standard dan tidak terlalu banyak menuntut, karena selain harganya murah Casing ini juga dilengkapi dengan PSU (Power Supply Unit). Casing value ini cocok untuk orang-orang yang merakit komputer untuk kegiatan-kegiatan mengetik dokumen, berselancar internet, serta kegiatan yang tidak membutuhkan spesifikasi tinggi.
    • Casing Without PSU
      Casing tanpa PSU atau Without PSU umumnya berjenis mid tower, karena PSU bawaan casing tidak true power. Sehingga orang-orang banyak yang memilih Casing yang tanpa Power .
    Nah itulah pengertian casing komputer, fungsi casing, serta jenis-jenis case komputer yang biasa nya kita jumpai dipasaran. Lalu apakah dari penjelasan diatas kalian sudah menemukan pilihan casing yang cocok untuk merakit PC Anda? 

    COMMENTS

    Nama

    Anime & Manga,4,AoV,4,BitCoin,6,Blogspot,60,Games,14,internet,37,Kisah,1,komputer,59,Kontes Blog,1,lain-lain,137,linux,1,multimedia,1,Overwatch,3,Plugin,1,sejarah,13,Smartphone,42,Tips & Trik,23,tkj,55,Unik,2,Widget,33,windows,4,Wordpress,20,
    ltr
    item
    hitzpedia: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Casing Komputer
    Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Casing Komputer
    https://4.bp.blogspot.com/-0zo64-twVAI/WcjXK8cCTxI/AAAAAAAAAN8/nh1Dn5nnZnw91WpXQeNBpvbwhxkXrZQ_gCLcBGAs/s640/Casing%2BKomputer.jpg
    https://4.bp.blogspot.com/-0zo64-twVAI/WcjXK8cCTxI/AAAAAAAAAN8/nh1Dn5nnZnw91WpXQeNBpvbwhxkXrZQ_gCLcBGAs/s72-c/Casing%2BKomputer.jpg
    hitzpedia
    https://www.hitzpedia.com/2017/09/pengertian-fungsi-dan-jenis-jenis.html
    https://www.hitzpedia.com/
    https://www.hitzpedia.com/
    https://www.hitzpedia.com/2017/09/pengertian-fungsi-dan-jenis-jenis.html
    true
    5499516150126358114
    UTF-8
    Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy