Agen pulsa murah SERVERKU BERKAH

macam-macam varian Distro Linux lengkap

Linux merupakan salah satu OS (System Operasi) yang cukup di gemari oleh pengguna Komputer, karna Sistem Operasinya yang gratis (Open source) dibawah licensi GNU (Gnu is Not Unix) dan di tambah Keamanan yang lebih baik ke timbang Sistem Operasi lainnya. Linux memiliki banyak macam Distro yang sangat terkenal dan sangat sulit untuk di sebutkan satu-satu, di samping itu Linux dapat di kembangkan oleh siapa saja yang ingin mengembangkanya karna Linux bersifat Open Source artinya sobat dapat mendistribusikan dengan source kodenya, sobat akan di berikan hak untuk mengcopy sebanyak yang kamu mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya dan semua itu legal dibawah licensi GNU, General Public License (GPL). Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihaknya yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman. Jadi tunggu apalagi beralihlah ke linux, jika masih ragu sobat bisa menginstallnya menjadi dual boot Windows dan Linux, Tampilan destop linux juga tidak kalah saing dengan windows, dan linux memiliki banyak varian Distro yang dapat ada pakai sesuka hati, dan tentunya bukan bajakan. Nah artikel kali ini akan menjelaskan macam-macam varian distro linux lengkap dan terupdate pastinya, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikelnya dibawah ini.
Baca juga: "cara mengatasi komputer yang tiba-tiba mati mati sendiri"

macam-macam varian Distro Linux lengkap

Apa itu Distro Linux?
Distro Linux atau bisa juga disebut distribusi Linux (eng : Linux Distribution) adalah sebuah sistem operasi  yang terdiri dari berbagai koleksi software, yang juga berbasis pada atau menggunakan kernel Linux, serta seringkali disertai dengan sistem manajemen paket (packet management system). Ya, distro Linux adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux. Kesalahpahaman yang sering terjadi di masyarakat adalah bahwa mereka mengira Linux itulah yang merupakan sistem operasi. Padahal sejatinya Linux hanyalah sebuah kernel atau sebuah inti dari sistem operasi. Ketika kernel Linux tersebut dikemas dengan berbagai macam software, seperti perangkat office, web browser, desktop environment, dan lain-lain. maka jadilah sebuah sistem operasi berbasis Linux atau bisa juga kita sebut distro Linux.

Distro Linux sendiri banyak sekali macamnya, seperti Debian, Ubuntu, OpenSuse, Fedora, ArchLinux, RedHat, dan lain-lain. Dari beberapa distro Linux itu sendiri terdapat beberapa yang bersifat free seperti Ubuntu, Debian, Fedora, OpenSuse, dan masih banyak lainnya. Selain itu ada juga distro Linux yang bersifat  komersial untuk penggunaan enterprise  sepertil RedHat, dan Suse Linux Enterprise (SLE).

Macam-macam Varian Distro Linux

Red Hat 

Red Hat

Red Hat adalah sebuah perusahaan perangkat lunak terkemuka dalam bisnis perakitan komponen open source untuk sistem operasi Linux dan program terkait ke dalam suatu paket distribusi yang dapat dengan mudah diatur dan dilaksanakan. Linux Red Hat ini termasuk salah satu perusahaan yang paling besar bahkan di kenal untuk didekasinya dalam perangkat lunak bebas. Red Hat yang didirikan pada tahun 1993 yang berasal dari Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat. Ternyata linux red hat terkenal karena produknya yang berkualitas dari distro linux yang utama. 
Red Hat adalah salah satu perusahaan pertama yang menyadari bahwa "bebas" software dapat dijual sebagai produk. Setelah memeriksa kampanye pemasaran yang sukses air Evian, Red Hat menyimpulkan bahwa untuk mencapai sukses, perusahaan harus menciptakan lebih banyak pengguna Linux dan merek Red Hat sebagai nama Linux bahwa pelanggan disukai. Saat ini, "Red Hat Rencana" dibahas sebagai model di sekolah bisnis. Linux Red Hat juga hampir seperti Kali Linux dimana sangat banyak di minati sampai saat ini.

Keuntungan dalam memakai distribusi dari Red Hat, daripada merakit sendiri tanpa biaya, adalah dukungan yang Anda terima. Red Hat menawarkan layanan yang tidak disediakan secepat oleh pengembang komponen individu, termasuk anggota dari Free Software Foundation. Seperti semua perangkat lunak bebas, Red Hat paket memungkinkan pembeli untuk memodifikasi dan bahkan menjual kembali versi modifikasi dari kode selama mereka tidak membatasi orang lain dari modifikasi lebih lanjut.

Red Hat menyediakan lebih dari 400 paket perangkat lunak yang berbeda, termasuk compiler bahasa C dari Cygnus, server Web dari Apache, dan Sistem X Window dari X Consortium. Red Hat Linux Enterprise 6 saat ini sudah mencapai versi terbaru yakni Red Hat Linux Enterprise 6.8 (10/05/2016), sedangkan Red Hat Linux Enterprise 7 sudah memiliki versi terbaru yakni Red Hat Linux Enterprise 7.2 (19/11/2015)

Debian 

debian

Linux debian merupakan sistem operasi free (bebas) yang didalam tersusun dari paket-paket perangkat lunak dan dikembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarela atau pengembang Debian yang bergabung dalam Proyek Debian. Sistem operasi Debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan bersama lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga kemudian populer dengan nama Debian GNU/Linux. Ternyata sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya dan kekreatifannya. Jika diperhitungkan distro berbasis Debian, misalnya Ubuntu, Xubuntu, Kubuntu, Lubuntu, Knoppix, Red Hat, Mint, dan yang lainnya, maka Debian lah merupakan distro Linux yang paling populer yang banyak digunakan di dunia.

Debian linux menyediakan lebih dari sebuah sistem operasi murni, debian ini datang dengan perangkat lunak yang telah terkompilasi dipaketkan dalam format yang bagus untuk kemudahan instalasi di mesin/ perangkat komputer. Debian adalah sistem operasi universal dapat di gunakan di hampir semua arsitektur komputer. 

Debian ini di rancang untuk dapat di gunakan pada server, destop, maupun laptop dan distro ini dirancang untuk berjalan pada arsitektur i368, amd64, IA-64, ARM, powwer PC, dan lain lain. Debian menggunakan paket aplikasi berbasis dot deb (*.deb) dan manajemen paket "apt", sehingga memudahkan penggunanya untuk menginstall software yang di inginkan dari repositori baik online maupun CD/DVD repository. Hanya perlu dipanggil dengan cara 'apt-get install (paket yang akan diinstall)' untuk online atau 'apt-cdrom install (paket yang akan diinstall)' bila menggunakan CD/DVD repository. Bila memiliki paket yang berekstensi dot deb (*.deb) di harddisk, dapat diinstall dengan cara 'dpkg -i [nama paket.deb]' menggunakan terminal maupun dengan aplikasi 'GDebi Package Installer' yang akan lebih memudahkan, hanya perlu 'open with GDebi Package Installer'. Debian datang dengan lebih dari 50.000 paket (software precompiled yang terbungkus dalam format yang bagus untuk memudahkan instalasi Anda) dan semua itu gratis. Berikut ini rilis debian terbaru yakni Debian Stretch, dan Debian sebelumnnya adalah Debian 8 ("jessie"), Debian 7 ("wheezy"), Debian 6.0 ("squeeze"), Debian GNU/Linux 5.0 ("Lenny"), Debian GNU/Linux 4.0 ("etch"), Debian GNU/Linux 3.1 ("sarge"), Debian GNU/Linux3.0 ("woody"), Debian GNU/Linux 2.2 ("potato"), Debian GNU/Linux 2.1 ("slink"), dan
Debian GNU/Linux 2.0 ("hamm").

Mandriva Linux

Mandriva

Mandriva adalah distro linux yang paling user friendly yang dikembangkan di Prancis. Dulu namanya Mandrake tapi karena masalah lisensi nama akhirnya menjadi Mandriva yang setelah di akusisi oleh Conectiva. Mandriva menggunakan paket manager rpm karena ini turunan dari Redhat dan dikembangkan menjadi urpmi. Default desktopnya adalah KDE.
 
Mandriva merupakan sistem operasi yang   mudah digunakan oleh para pengguna pemula, baik dalam awal proses memulai instalasi yang berbasis Xwindow, sampai dengan dukungan berbagai bahasa. Pada sistem operasi ini, semua paket telah dikompilasi dengan optimasi prosesor dan menghasilkan optimasi yang bagus.

Dengan pengembangan yang dipusatkan untuk KDE, Mandriva saat itu berharap akan menjadi distribusi dengan desktop KDE terbaik diantara semua distro-distro yang ada. Mandriva hanya menyediakan satu program terbaik yang telah diuji coba secara rinci, untuk setiap jenis aplikasi. Dengan demikian dimensi media dapat direduksi secara dramatis dan sekaligus dapat dijalankan sebagai sebuah LiveDistro. Program lainnya, bila diperlukan bisa dipasang menggunakan pengelola paket dari lumbung repositori yang tersedia.  

Perlu diketahui juga, dalam satu tahun Mandriva rutin merilis versi final sebanyak 2 kali. Biasanya versi final dirilis mendekati akhir tahun dan awal pertengahan tahun. Nama versi mengikuti nama tahun. Rilis pertama diakhiri dengan akhiran angka .0 dan rilis kedua diakhiri dengan angka .1.
Misal Mandriva 2008.0 dan rilis setelahnya 2008.1. Untuk versi yang terakhir biasa dikenal dengan sebutan mandriva spring, karena biasanya dirilis mendekati musim semi (spring).

Madriva memiliki bermacam-macam versi ada yang free (gratis, bebas digandakan dan didistribusikan, GPL) maupun yang komersil (dijual, tidak diijinkan didistribusikan tanpa license resmi ), dan yang free di sebut dengan Mandriva One dan Mandriva free, sedangkan yang komersil di antaranya terdiri dari Mandriva Powerpack dan Mandriva Corporate Server (CS).

Ubuntu

Ubuntu

 Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “Kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas. Proyek Ubuntu resmi disponspori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

FILOSOFI Bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun. Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ubuntu juga memiliki bermacam varian diantaranya bernama Edubuntu, Gobuntu, Lubuntu, Xubuntu, Ubuntu jeOS, Ubuntu Mobile, Ubuntu Netbook Edition, Ubuntu Tv, Ubuntu For Android, Ubuntu Mate

Linux Mint

Linux Mint

Linux Mint adalah sebuah distro Linux Live CD yang diturunkan dari distro Ubuntu, dengan tujuan untuk memproduksi sebuah distro dengan desktop yang elegan, Up-to-date, dan nyaman digunakan. Linux Mint didesain  untuk berjalan outofthebox Dengan semua fasilitas yang telah terinstall di dalamnya. inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu. Linux Mint rilis sebanyak 2 kali dalam setahun. Setiap rilis Linux Mint diberi nomer versi dan nama kode yang memakai nama-nama wanita dan selalu berakhiran "a" (contoh: Linux Mint 14 Nadia, 14 adalah nomer versi dan Nadia adalah nama kode yang berakhiran "a"). Semua paket Aplikasi Ubuntu kompatibel dan bisa diinstall di Linux Mint ini. Kesan pertama Pada booting awal, logo Linux Mint sudah berganti berbeda dari rilis sebelumnya.

Linux Mint merupakan salah satu pilihan terbaik bagi pemula yang ingin beralih dari sistem operasi Windows. Linux Mint juga dirancang untuk dapat dipasang bersama sistem operasi lain dan dapat secara otomatis mengatur sebuah lingkungan "dual boot" atau "multi boot" (sehingga ketika komputer dihidupkan pengguna diberikan pilihan sistem operasi manakah yang akan dijalankan) selama pemasangan.

Dan versi terbaru dari Linuxmint adalah LinuxMint Cinnamon, LinuxMint Cinnamon merupakan pilihan yang tepat untuk komputer desktop dan juga laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Kini Developer LinuxMint memilih untuk hanya menggunakan Ubuntu LTS sebagai basisnya. Hal ini menjadikan setiap rilisan dari Linux Mint menjadi jauh lebih stabil dari sebelumnya. Selain itu Desktop Environment Cinnamon yang cukup cantik dan juga user friendly kini menjadi jauh lebih baik setiap saat seiring dengan pengembangan yang dilakukan tim developer Linux Mint. Linux Mint memiliki proyek baru yang disebut X-Apps, dan tujuannya dari proyek ini adalah untuk menghasilkan aplikasi generik untuk GTK + desktop yang lingkungan tradisional. Ide di balik proyek ini adalah untuk menggantikan aplikasi yang tidak lagi mengintegrasikan benar luar lingkungan tertentu (ini adalah kasus untuk pertumbuhan jumlah aplikasi GNOME). Rilis terbaru dari Linux Mint adalah Linux Mint 18, dan Linux Mint 18 mendapat dukungan jangka panjang yang akan didukung sampai dengan tahun 2021. Hal ini dilengkapi dengan perangkat lunak yang diperbarui, membawa perbaikan, dan banyak fitur baru untuk membuat pengalaman desktop Anda lebih nyaman untuk digunakan.

BlankOn

BlankOn

BlankOn Linux merupakan salah satu distro Linux yang berisikan perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk keperluan desktop, laptop, dan workstation. Dengan dipadukan oleh berbagai pernak–pernik khas Indonesia, distro ini sangat cocok digunakan untuk pengguna komputer di Indonesia. BlankOn Linux dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bersama Tim Pengembang BlankOn. Pengembangan BlankOn dilakukan secara terbuka dan gotong royong, sehingga siapa saja bisa turut berkontribusi untuk mengembangkan BlankOn agar menjadi lebih baik. BlankOn Linux juga bisa didapatkan oleh siapa saja tanpa perlu membayar untuk mengunduhnya.

Bahkan, Anda bisa mendistribusikannya dan membagi-baginya secara bebas tanpa batas kepada siapa saja.
Pengembangan BlankOn bukan semata-mata ingin membuat distribusi Linux baru, namun lebih dimotivasi oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam kemampuan pengembangan perangkat lunak bebas/terbuka, yang pada hakikatnya merupakan salah ciri khas bangsa Indonesia yang memiliki semangat bergotong-royong. Tim pengembang BlankOn percaya bahwa bangsa Indonesia mampu dan tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia dan oleh karena itu aktif mengundang siapa pun yang berminat dan memiliki semangat yang sama untuk bergabung dalam pengembangan BlankOn.

BlankOn Linux pertama kali dikembangkan oleh YPLI pada tahun 2004 dengan nama kode “Bianglala“. Pada saat itu, BlankOn merupakan turunan dari distro Fedora Core 3. Namun, rilis BlankOn pada saat itu berakhir sampai versi 1.1 dan akhirnya mati suri. Beberapa tahun kemudian, yaitu pada tahun 2007, pengembangan BlankOn Linux mulai dibangkitkan kembali oleh YPLI. BlankOn Linux yang sebelumnya diturunkan dari Fedora Core kini diganti menjadi Ubuntu. BlankOn Linux direncanakan akan dirilis sesuai dengan siklus rilis Ubuntu, yaitu setiap 6 bulan sekali atau 2 kali setahun. Setiap rilis BlankOn Linux akan diberi tema dan ciri khas yang berbeda sesuai dengan budaya yang ada di Indonesia. BlankOn saat ini sudah mencapai versi 9.0 suroboyo dan versi sebelumnya ialah BlankOn 8.0 (Rote), BlankOn 6.1 (Ombilin), BlankOn 6.0 (Ombilin), BlankOn 5.0 (Nanggar), dan BlankOn 4.0 (Meuligoe)
 
openSuSe

openSuSe

openSuSe adalah distro Linux versi komunitas yang didukung dan disponsori oleh novell. OpenSUSE merupakan distro linux open source dan gratis yang menjadi dasar pengembangan bagi distro Linux komersil yang disediakan oleh Novell,SUSE Linuk Enterprice Server (SLES) dan SUSE Linux Enterprise Desktop (SLED).Salah satu keunggulan utama dari OpenSUSE dibandingkan distro Linux lainnya adalah kelengkapan pustaka dan berlimpahnya software yang disertakan. Bersama Red Hat, SUSE adalah distro Linux versi awal yang terus bertahan dan berkembang hingga sekarang.

Banyak orang yang takut menggunakan OpenSUSE karena bias pada lisensi yang digunakan. OpenSUSE adalah distro Linux yang free dan open source. OpenSUSE dapat digunakan secara bebas dan tanpa biaya. Jika suatu perusahaan atau lembaga menginginkan varian distro berbasis SUSE yang disertai dukungan support, tersedia SLES dan SLED. Feature yang sudah stabil dan sudah teruji pada OpenSUSE merupakan dasar dari software yang disertakan pada SLES dan SLED.

Apakah ada beda antara SLED, SLES dan OpenSUSE yang merupakan versi komunitas ? Selain dari sisi support dan sedikit perbedaan penampilan, hampir tidak ada perbedaan mendasar antara versi komunitas dengan versi komersil. Kita dapat tetap menggunakan OpenSUSE secara penuh tanpa khawatir adanya pengurangan kualitas dan kelengkapan.
Tidak di herankan lagi kenapa SUSE menjadi distro Linux terbaik dari tahun ke tahun. Perusahaan di balik openSUSE ini merupakan perusahaan Linux tertua. Perusahaan ini benar-benar mendahului raja Linux Red Hat. SUSE juga sponsor dari openSUSE distro berbasis masyarakat karena di kenal dengan opensource nya.

Pada 2015, tim openSUSE memutuskan untuk datang lebih dekat untuk SUSE Linux Enterprise (SLE) sehingga pengguna bisa memiliki distribusi yang berbagi DNA dengan server perusahaan - mirip dengan CentOS dan Ubuntu. Dengan demikian, openSUSE menjadi openSUSE Leap, distribusi yang langsung berdasarkan SLE SP (service pack) 1.Kedua distro ini akan berbagi basis kode untuk menguntungkan satu sama lain - SUSE akan mengambil apa yang baik di openSUSE dan sebaliknya. Dengan langkah ini, openSUSE juga membolos siklus rilis reguler, dan versi baru akan dirilis sinkron dengan SLE. Itu berarti setiap versi akan memiliki siklus hidup lebih lama lagi.
 
Sebagai hasil dari langkah ini, openSUSE telah menjadi distribusi yang sangat penting karena potensi pengguna SLE sekarang dapat menggunakan openSUSE Leap. Itu tidak semua, akan tetapi openSUSE juga mengumumkan perilisan Tumbleweed, versi rolling-release murni. Jadi, sekarang pengguna dapat menggunakan super-stabil openSUSE Leap atau selalu up-to-date openSUSE Tumbleweed.

Jadi jika menginginkan distro Linux yang stabil, mudah dalam melakukan deteksi perangkat keras, mudah dikelola dan didukung penuh oleh komunitas pengembang di seluruh dunia serta memiliki dukungan sponsor dari perusahaan besar, cobalah OpenSUSE. Rilis terbaru openSuSe adalah openSuSe 13.2

Gentoo

Gentoo

Gentoo adalah sistem operasi bebas berbasis Linux atau FreeBSD yang dapat langsung dioptimasi atau dikustomisasi untuk setiap aplikasi yang diperlukan. Kebebasan pengaturan yang ekstrim, performa dan komunitas pengguna dan pengembang yang sangat bagus adalah simbol dari pengalaman Gentoo. Berkat teknologi Portage, Gentoo dapat menjadi sebuah server ideal, tempat pengembangan, dekstop profesional, sistem untuk permainan, solusi embedded atau apa saja yang anda inginkan. Karena tingkat penyesuaiannya yang hampir tidak terbatas, kami menyebut Gentoo sebagai metadistribusi.

Portage adalah jantung Gentoo, yang melaksanakan banyak fungsi-fungsi utama. Sebagai contoh, Portage adalah sistem distribusi software untuk Gentoo. Untuk mendapatkan software terbaru untuk Gentoo, anda hanya perlu mengetikkan satu perintah: emerge –sync. Perintah ini memerintahkan Portage untuk memperbarui “pohon Portage” lokal anda melalui internet. Pohon Portage lokal berisi koleksi lengkap dari skrip-skrip yang digunakan oleh Portage untuk menciptakan dan menginstal paket-paket terbaru Gentoo. Untuk saat ini, kami memiliki lebih dari 10000 paket di pohon Portage kami, dengan pembaruan dan penambahan yang dilakukan setiap saat. Portage juga merupakan sistem pembangun dan penginstal paket. Ketika anda ingin menginstal sebuah paket, anda hanya perlu mengetikkan emerge namapaket, dan Portage akan langsung membangun sebuah versi khusus dari paket yang anda inginkan dengan spesifikasi anda sendiri, mengoptimasinya untuk hardware anda dan memastikan agar semua fitur-fitur pilihan yang anda inginkan dari paket tersebut diikut sertakan dan yang tidak ingin anda ikut sertakan.

Gentoo juga termasuk salah satu distro utama linux yang legendaris. Gentoo sangat terkenal karena sistem nya dapat di optimalisasi dengan maksimal menyesuaikan dengan piranti keras komputer yang digunakannya. Gentoo tidak menggunakan software atau aplikasi yang di distribusikan dalam bentuk binary (seperti pada Debian, Redhat, atau sejenisnya). Gentoo menggunakan source code yang akan di kompilasi langsung oleh usernya.  Hal inilah yang menjadikan Gentoo bisa menjadi lebih “gesit” jika di bandingkan dengan distro Linux lainnya, karena berkas binary yang di build dan di kompilasi akan benar-benar pas dengan hardware dan environment yang digunakan. Gentoo juga memiliki variannya yakni OpenNAO, Calculate OS, Sabayon, Chromium OS, exGENT, coreOS, dan Funtoo

Fedora

Fedora

Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, kadang-kadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Fedora juga adalah sistem operasi berbasis Linux yang menampilkan perkembangan terakhir dalam perangkat lunak bebas dan terbuka. Fedora selalu bebas untuk siapa pun yang ingin menggunakan, merubah, dan menyebarkan. Fedora dibangun oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia yang bekerja sama dalam komunitas: Proyek Fedora. Proyek Fedora terbuka dan semua orang boleh bergabung.

Fedora berisi perangkat lunak yang didistribusikan di bawah lisensi gratis dan open-source dan bertujuan untuk berada di tepi terkemuka teknologi tersebut. Fedora memiliki reputasi untuk fokus pada inovasi, mengintegrasikan teknologi baru awal dan bekerja sama dengan masyarakat Linux hulu. Desktop default di Fedora adalah lingkungan desktop GNOME dan antarmuka default adalah GNOME Shell. lingkungan desktop lain, termasuk KDE, Xfce, LXDE, MATE dan Cinnamon, yang tersedia. Fedora Project juga mendistribusikan variasi kebiasaan fedora bernama Fedora berputar. Ini dibangun dengan set tertentu dari paket perangkat lunak, yang menawarkan lingkungan desktop alternatif atau menargetkan kepentingan tertentu seperti game, keamanan, desain, komputasi ilmiah dan robotika.

Nama Fedora berasal dari Fedora Linux, proyek sukarela yang mengembangkan perangkat lunak tambahan untuk distro Red Hat Linux, dan dari karakteristik Fedora (topi kulit) yang digunakan dalam logo Red Hat ("Shadowman"). Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7. Fedora dikenal di dunia Linux sebagai sebuah distro yang menjadi pioneer dalam penggunaan teknologi terkini dan merupakan distro yang digunakan oleh Linus Torvalds.

Salah satu visi utama Fedora tidak hanya mengandung software dibawah lisensi software open source dan gratis, tetapi juga menjadi teknologi yang mutakhir.  Pengembang fedora lebih membuat perubahan yang signifikan daripada hanya memperbaiki khususnya untuk bahwa update Fedora dapat digunakan oleh semua Linux.

Dibandingkan dengan kebanyakan sistem operasi Non-Linux, Fedora memiliki siklus kehidupan yang singkat. Versi X dipertahankan hanya satu bulan sampai versi X+2 diluncurkan. Dengan hanya 6 bulan selisih, dan periode perawatan hanya 13 bulan setiap versinya.. Ini dapat membawa permasalahan yang mungkin menggunakan versi Fedora tertentu untuk pengembangan produknya (ex, embedded systems) dimana dukungan jangka panjang lebih penting dari pada memelihara software revisi termukhtakir.
Pada tahun 2008, Linus Torvalds, pemilik dari Linux kernel, mengatakan bahwa dia menggunakan Fedora karena Fedora memiliki dukungan yang cukup bagus untuk arsitektur prosesor PowerPC, yang dia rasakan setiap waktu.

Fedora adalah merek dagang dari Red Hat, walaupun hal ini pernah disengketakan oleh para pencipta repositori perangkat lunak Fedora, namun masalahnya telah diselesaikan.  Rilis terbaru dari Fedora adalah Fedora 24.


FreeBSD

FreeBSD

FreeBSD adalah salah satu system operasi yang bersifat open source. FreeBSD sebagai salah satu dari keluarga BSD, saat ini sangat banyak digunakan dan bahkan dikembangkan di berbagai kalangan individu, perusahaaan dan bahkan universitas. Bila dibandingkan dengan Windows, FreeBSD relatif lebih sulit dalam penggunaan, karena masih bersifat text base dalam memberikan command, sedangkan windows memiliki GUI yang jauh lebih dibandingkan dengan FreeBSD. Namun, terdapat juga varian BSD yang memiliki GUI, seperti PC-BSD, dan lain-lain. Keunggulan FreeBSD dibandingkan dengan Windows, adalah kebebasan dalam penggunaan, bahkan kita dapat mengembangkan system operasi tersebut dengan lisensi yang sudah dijamin untuk kebebasannya.

FreeBSD adalah operating system yang berdasar 4.4 BSD Lite untuk personal komputer berbasis Intel, seperti AMD, Cyrix atau Netgen “x86″, pc98 dan alpha. Dan bekerja dengan baik pada bermacam macam peripherals dan konfigurasi, dan dapat juga digunakan untuk semua software yang dikembangkan untuk perlengkapan layanan internet.

Software FreeBSD dapat diperoleh gratis di ftp://ftp.FreeBSD.org/ dan untuk mengetahui informasi baru dan update terbaru langsung kunjungi di internet http://www.FreeBSD.org. Setiap release FreeBSD berisi semua hal yang diperlukan sebuah sistem, dan terdapat pula didalamnya source code. Source code yang didapat sangat lengkap didalamnya anda dapat mengkompile ulang sesuai dengan kebutuhan. FreeBSD dibuat untuk pelajar, peneliti atau siapa saja yang ingin menggunakan dan membantu perkerjaannya.

FreeBSD mengoptimalkan penggunaan platform PC. FreeBSD menyediakan kemudahan installasi dan dukungan yang luas terhadap perangkat keras PC. FreeBSD mendukung arsitektur i386 dan alpha, dan pengembangan FreeBSD pada beberapa platform juga telah dilakukan. 

FreeBSD juga digunakan pada server-server yang memiliki traffic dan kinerja yang cukup tinggi untuk service WWW dan FTP seperti http://www.yahoo.com dan ftp.cdrom.com. Freebsd pun bersifat multi user, berbeda dengan Windows. Penggunaannya, saat ini banyak dalam server internet, karena performanya yang bagus, dan kelebihannya dalam hal “multiuser”.

Perjalanan panjang varian UNIX BSD di mulai di Universitas California Barkeley pada tahun 1973. Berkeley Software Distribution (BSD) pertama kali dibangun dan dikembangkan oleh Computer System Research Group (CSRG) di University of California at Berkeley (UCB), BSD pertama kali keluar pada akhir 1977 sebagai paket tambahan dan patch dari AT&T UNIX varsi 6, yang mana waktu itu beroperasi pada mesin PDP-11 minicomputer.

BSD dibuat, dikembangkan, dan digunakan secara “Bebas” sebagai perlawanan terhadap lisensi UNIX yang dimiliki oleh AT&T dan oleh karena itu BSD mempunyai lisensi tersendiri yang memungkinkan setiap orang bebas melakukan pengembangan, dan menggunakan kode sumber BSD, bahkan setiap orang boleh untuk menyalin ulang kode sumber BSD, dan justru karena kelebihan “bebas” tersebut, BSD berkembang menjadi beberapa varian yang saat ini banyak digunakan berbagai kalangan. Sampai saat ini pun, banyak komunitas dan kalangan yang terus mengembangkan kode sumber dari BSD.


Sistem Operasi FreeBSD adalah sistem operasi dengan kemapuan stabilitas, fleksible, cepat, multiuser, secure dan sesuai dengan kondisi keuangan tentunya. Jadi FreeBSD adalah salah satu pilihan terbaik untuk sistem operasi gratis yang cukup mumpuni untuk dipertimbangkan baik digunakan sebagai Server maupun Dekstop. Dan versi terbaru dari FreeBSD adalah FreeBSD 10.3

CentOS 

CentOS

CentOS merupakan singkatan dari Community ENTerprise Operating System adalah sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode aslinya yang menjadi induknya yaitu Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Karena Red Hat Enterprise Linux (RHEL) tidak gratis lagi maka, sebagian pengembang RHEL mengembangkan sendiri yang benar benar gratis, jadilah proyek Linux Centos.
Para pengembang Linux CentOS menggunakan kode sumber dari Red Hat, dikompilasi dengan tujuan membuat sebuah produk final yang sangat mirip dengan RHEL. Proyek ini berusaha untuk 100% binari kompatibel dengan produk asalnya (RHEL). Arsip perangkat lunak tambahan menyediakan versi terbaru paket-paketnya, berbasis paket RPM. 

Semua hal-hal yang berkaitan dengan merek dagang ataupun logo kemudian diubah total oleh para pengembangnya dikarenakan Red Hat tidak mengizinkan mereka untuk mendistribusikan ulang logo tersebut. Meskipun keberadaan CentOS sangat tergantung pada Red Hat namun hal ini justru memberikan nilai tambah, karena Red Hat merupakan satu-satunya distro komersial Linux yang dipakai secara luas di perusahaan besar dan satu-satunya distro Linux yang didukung oleh CPanel (CPanel adalah kontrol panel terbanyak dipakai oleh perusahaan hosting, hampir 100% hosting menggunakan CPanel). Karena merupakan copian RHEL maka CentOS juga didukung secara resmi oleh CPanel.

CentOS saat ini sudah banyak digunakan di seluruh dunia, beberapa komunitas, mailing list, IRC dan website tutorial dibuka dengan lebar agar semua orang bisa mempelajarinya. Sehingga untuk dukungan mengenai bagaimana membuat sebuah server dengan distro ini Anda tidak perlu khawatir, sebab seluruh pengguna yang tersebar di dunia yang aktif di komunitas, siap untuk membantu Anda.

CentOS juga memiliki dukungan yang lebih baik, dukungan mengenai software dan hardware adalah salah satu alasan yang terpenting dari sebuah Distro skala Enterprise, selain itu Anda tidak perlu khawatir, dengan dukungan software paket untuk update, sebab jika Anda mengunakan sebuah Operating System commercial, maka anda harus membayar terlebih dahulu agar mendapatkan update yang terbaru, lain halnya dengan CentOS, dimana vendor CentOS Project memberikan support dalam produknya secara berkala. Jika anda ingin membayar dengan alasan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan bisa saja, tetapi tidak wajib.
 
Linux CentOS tersedia secara gratis, dukungan teknis utamanya disediakan terhadap para pengguna melalui milis, forum berbasis web, ataupun chat. Proyek Linux CentOS tidak berafiliasi dengan Red Hat, sehingga proyek Linux CentOS berjalan tanpa mendapatkan bantuan apapun dari Red Hat. Untuk penggalangan dana, Linux CentOS berbasis donasi dari para pengguna serta sponsor dari perusahaan-perusahaan yang menggunakannya. Server centOS sangat stabil dan termasuk ke dalam server terbaik 2016 dan sangat kompatibel dengan Red Hat, Linux Centos memiliki pilihan GNOME dan KDE. Dan versi terbaru dari linux centOS adalah linux centOS-07.

Sabayon Linux

Sabayon

Sabayon adalah distribusi berbasis Gentoo yang mengikuti karya-out-of-the-box filsafat, bertujuan untuk memberikan pengguna sejumlah aplikasi yang siap digunakan dan sistem operasi sendiri dikonfigurasi. Sabayon menawarkan pengguna sebuah ruang kerja yang mudah digunakan dengan tampilan menawan dan elegant, deteksi perangkat keras yang baik dan sejumlah besar paket perangkat lunak up-to-date terinstal secara default, dengan software tambahan yang tersedia dari repositori. Sabayon tersedia dalam beberapa rasa menampilkan masing-masing KDE, GNOME dan Xfce lingkungan desktop. Dalam Sabayon semuanya harus bekerja. Sabayon menawarkan sistem operasi tepi pendarahan yang bersifat stabil dan dapat diandalkan.

Sabayon Linux, awalnya dikenal sebagai RR4 Linux/RR64 Linux, dibuat oleh Fabio Erculiani, dan diproduksi di Trentino, Italia. Pada bulan April 2008, Nama Sabayon diambil dari salah satu hidangan penutup Italia yang disebut Zabaione (Sabayon). NLnet Foundation sepakat untuk memberikan donasi ke Sabayon Linux. Pada 12 Juni 2008, Sabayon Linux berkomitmen untuk bekerja sama dengan NetCraft? Communications.

Sabayon Linux menggunakan Portage Gentoo untuk manajemen paketnya, seluruh update dan karakteristik serta strukturalnya berbasiskan Gentoo. Jadi, user dapat mengikuti panduan dan artikel yang dituliskan untuk pengguna Gentoo.
Sabayon dan Gentoo keduanya mengijinkan user untuk menginstall base system menggunakan peket binari, tetapi Sabayon juga memiliki manager paket binari, dan ini sercara umum lebih fleksibel dari pada penkompilasian di Gentoo. Sabayon mendukung arsitektur x89 dan x86-64. Versi terbaru dari Sabayon adalah Sabayon 16.04 yang rilis pada 28/032016.

Kali Linux

Kali Linux

Kali Linux adalah reinkarnasi dari BackTrack, sebuah distro Linux  berbasis Debian yang dibuat khusus untuk keperluan penetration dan testing sebuah sistem keamanan komputer. Kali Linux disinyalir lebih stabil dan powerful dari generasi sebelumnya yaitu BackTrack. Dikembangkan sepenuhnya kepada standar pengembangan Debian. Kali Linux, seperti pendahulunya , benar – benar gratis dan akan selalu gratis. Anda tidak pernah akan diminta membayar untuk Kali Linux.

Kali linux dikembangkan dan didanai oleh Offensive Security. Sama seperti pendahulunya BackTrack, Kali Linux pun dikembangkan secara open source dan tentu saja gratis. Kamu bisa merubah dan mendasain Kali Linux sesuka hati sesuai seleramu jika Kamu mau. Terdapat lebih dari 300 tools penetration testing di dalam Kali Linux.

Dukungan untuk Live CD dan fungsi Live USB memungkinkan pengguna untuk booting langsung dari portable media tanpa memerlukan instalasi, meskipun instalasi permanen ke hard disk juga merupakan pilihan yang baik. Kali merupakan platform yang mendukung Metasploit Framework dari Proyek Metasploit, berupa alat untuk mengembangkan dan melaksanakan kode eksploitasi terhadap mesin target jarak jauh. Distro ini juga menyertakan alat-alat keamanan termasuk Wireshark, John the Ripper, Nmap dan Aircrack-ng.

Direktori /pentest, dimana biasanya terkumpul banyak perkakas keamanan, sekarang pada Kali Linux telah di tiadakan. Sebagai pengganti, aplikasi keamanan yang senantiasa akan diperbaharui bergabung dan di integrasikan dengan koleksi aplikasi sistem Debian. Navigasi melalui menu Start juga telah dipermudah. Alasan memilih Debian, menurut Mati Aharoni dari Offensive Security, adalah karena Debian memiliki basis yang solid, dan di cabang Unstable maupun Experimental, ia sangat dekat dengan teknologi terkini. Hal ini adalah selaras dengan pengembangan aplikasi-aplikasi keamanan, yang juga senantiasa mengadopsi teknologi terkini. Berkat struktur baru pada Kali Linux, pengguna dapat dengan relatif mudah mengganti lingkungan desktopnya dari banyak pilihan yang disediakan, termasuk KDE SC, GNOME, XFCE, LXDE, E17 atau MATE.

Kali Linux mendukung ARMEL dan ARMHF, Sejak sistem berbasis ARM menjadi lebih umum dan murah, maka saat itulah pihak kali linux membuat installasi yang dapat bekerja untuk kedua sistem ARMEL & ARMHF. Kali Linux mempunyai repositori ARM terintegrasi dengan jalur distribusi utama sehingga tools untuk ARM akan diupdate dalam hubungannya dengan sisa dari distribusi. versi terbaru dari Kali Linux adalah Kali Linux 2016.1
  
Manjaro

Manjaro

Manjaro Linux adalah  sistem operasi yang cepat, user-friendly, dan desktop yang berorientasi berdasarkan Arch Linux . Fitur utama yang dimiliki manjaro adalah proses intuitif instalasi, deteksi hardware otomatis, Model rolling-release stabil, kemampuan untuk menginstal beberapa kernel, script Bash khusus untuk mengelola driver grafis dan configurability desktop yang ekstensif. Manjaro Linux menawarkan Xfce sebagai pilihan inti desktop serta edisi Net minimalis untuk pengguna yang lebih maju. Komunitas yang didukung GNOME 3 / Cinnamon dan KDE rasa yang tersedia. Manjaro GNU/Linux adalah distro rolling release yang bermula dari hobi para developernya. Pengguna juga mendapatkan keuntungan dari forum komunitas yang mendukung dan bersemangat Manjaro.

Manjaro Linux hadir dengan installer teks CLI dan sebuah installer grafis. Model rolling release berarti pengguna tidak perlu menginstall ulang sistem untuk memuktahirkannya. Manajemen paket ditangani oleh pacman via command line (terminal), dan frontend pengatur paket berbasis GUI Pamac (Xfce) & Octopi (Openbox). Dapat dikonfigurasi sebagai sistem yang stabil (default) atau sistem yang muktahir seperti Arch.Repositorinya diatur dengan BoxIt, yang didesain seperti gitu.

Manjaro Linux berbasis Arch Linux dan memiliki koleksi repositorinya sendiri. Distribusi ini memiliki tujuan untuk pengguna pemula namun tetap menjaga basis Arch nya, terutama pengatur paket Pacman dan kompatibilitas dengan Arch User Repositories. Manjaro sendiri menggunakan 3 set repositori: repositori unstable mengandung paket Arch yang paling muktahir, kemungkinan dengan penundaan satu atau dua hari; repositori testing mengandung paket dari repo unstable yang disinkronisasi setiap minggu, dan memberikan pengetesan awal; dan repositori stable hanya mengandung paket yang telah dianggap stabil oleh tim pengembang.

Manjaro juga dilengkapi dengan AUR (Archlinux User Repository) yang membedakan dari distro lainnya, dimana aplikasi tidak resmi (offical repository) juga disertakan dalam paket manajer miliknya. Semisal Anda ingin menginstal Google Chrome ataupun Sublime Text, Anda dapat memasangnya langsung melalui aplikasi Pamac. Jika di Ubuntu, Anda mungkin akan kerepotan jika aplikasi tersebut tidak tersedia secara resmi. Rilis terbaru dari Manjaro Linux adalah Manjaro Linux 16.06

Zorin Os

Zorin Os

Zorin Os adalah sebuah sistem operasi multifungsional untuk desktop yang dirancang khusus untuk pengguna komputer yang biasa menggunakan windows dan ingin belajar mengoperasikan sistem operasi linux dengan mudah, Zorin Os mempunyai tampilan user-friendly seperti Windows 7 sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar menggunakan linux. Zorin Os juga termasuk distro turunan dari Ubuntu yang merupakan sistem operasi yang populer didunia linux, Anda juga dapat mengandalkan dan memiliki dukungan kinerja yang rock-solid pada Zorin OS.

Zorin OS dirancang untuk memudahkan pengguna Windows untuk beralih ke Linux, tetapi juga mengandung banyak fitur menarik lainnya seperti GIMP Image Manipulation Program, web browser Google Chrome, LibreOffice office suite dan pemutar musik Rhythmbox. Zorin OS termasuk program yang disebut Ubuntu Tweak untuk memodifikasi desktop. Zorin OS juga dilengkapi dengan sebuah program bernama Wine untuk program berbasis Windows dapat dijalankan pada mesin Zorin OS. Program pra-instal lain disebut PlayOnLinux membuatnya lebih mudah untuk menginstal program Windows pada instalasi Zorin OS. Sejumlah efek desktop dapat disesuaikan dengan menggunakan Compiz, yang juga pra-instal dengan Zorin OS. Linux Zorin juga dilengkapi dengan office, sehingga user tidak perlu menginstall office, office yang dimaksud tidak sama dengan office yang dibuat oleh Microsoft.

Zorin OS memiliki fitur unik seperti Program Changer yang telah kita buat khusus untuk Zorin OS. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengubah antarmuka pengguna pada sentuhan tombol. Program unik lainnya termasuk Background Plus, Web Browser Manager dan banyak lagi.

Zorin OS memberi Anda lebih banyak fleksibilitas seperti halnya berikut ini. Hampir setiap file yang Anda gunakan dengan sistem operasi lain akan bekerja sempurna di Zorin OS dengan tidak perlu pengaturan tambahan. Semua dokumen kantor Anda, musik, video, gambar dan lain-lain akan bekerja di luar kotak di Zorin OS. Zorin OS juga mendukung perpustakaan besar perangkat seperti printer, scanner, kamera, keyboard. Perangkat ini akan bekerja segera setelah Anda colok tanpa perlu menginstal driver tambahan. Anda bahkan dapat menggunakan program dan game Windows di Zorin OS berkat WINE dan software PlayOnLinux.

Zorin soft ingin membuat komputer yang dapat digunakan oleh semua orang termasuk penyandang cacat sehingga telah disertakan alat di Zorin OS yang membuatnya salah satu sistem operasi yang dapat diakses di sekitar. Ini mencakup seperti alat membantu sebagai teks program speech, Orca Layar Reader, kaca pembesar layar untuk tunanetra dan fitur klik diam untuk menekan tombol mouse secara otomatis.

Zorin OS memberi Anda fleksibilitas lebih. Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan Zorin OS bersama sistem operasi Anda yang lain. Sementara Anda menginstal Zorin OS ke komputer Anda, Anda memiliki pilihan untuk tetap menggunalan sistem operasi Anda bersama Zorin OS dan memilihnya pada saat start-up. Versi terbaru dari Zorin Os adalah Zorin Os 11.

Bagaimana bingung ya....mau pake distro linux yang mana, karna hampir semua distro linux memiliki kemampuan yang super woow, dan setiap distro memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. kalau admin sendiri menggunakan distro Kali Linux, karna cuma distro ini yang saya punya kalau ada yang lain sih pinginnya make distro linux mint.

Itulah beberapa Distro linux yang paling umum dikenal dan paling banyak digunakan, sebenarnya masih banyak Distro linux yang masih belum di sebutkan dan dijelaskan disini, mungkin seiring waktu akan saya tambahkan, sehingga pengenalan kita terhadap linux bertambah. Linux merupakan Sistem Operasi yang saya sukai, karna merupakan Sistem Operasi yang bebas dan tentunya bukan bajakan, jadi tunggu apalagi silahkan berahli ke Linux untuk mendapatkan masa depan yang baik. Didalam Linux terdapat banyak ilmu yang tidak akan kita dapatkan di sistem operasi berbayar lainnya seperti Windows dan Mac OS, jika sobat masih ragu dengan Linux sobat bisa menginstallnya menjadi dual boot atau multi boot.
Ilmu itu seperti air yang selalu di butuhkan  namun juga bisa menghacurkan, ilmu itu seperti api yang menghangatkan namun bisa juga menghanguskan, ilmu itu seperti angin yang menyejukan namun bisa merusak, ilmu itu seperti tanah yang selalu dibuat tempat berpijak namun bisa juga untuk menggucang dunia.
Sekian dari artikel kali ini jika ada yang kurang dari penjalasan saya atau ingin menambahkan silahkan komentar dibawah ini terima kasih.

COMMENTS

Nama

Anime & Manga,4,AoV,4,BitCoin,6,Blogspot,60,Games,14,internet,37,Kisah,1,komputer,59,Kontes Blog,1,lain-lain,137,linux,1,multimedia,1,Overwatch,3,Plugin,1,sejarah,13,Smartphone,42,Tips & Trik,23,tkj,55,Unik,2,Widget,33,windows,4,Wordpress,20,
ltr
item
hitzpedia: macam-macam varian Distro Linux lengkap
macam-macam varian Distro Linux lengkap
https://4.bp.blogspot.com/-hZg0c0iJt4c/V3Yw7lVNBAI/AAAAAAAABvQ/XyxgRfDegyEPZPaTNTtBuFu9hMeOkSIVQCLcB/s640/distros_linuxando.png
https://4.bp.blogspot.com/-hZg0c0iJt4c/V3Yw7lVNBAI/AAAAAAAABvQ/XyxgRfDegyEPZPaTNTtBuFu9hMeOkSIVQCLcB/s72-c/distros_linuxando.png
hitzpedia
https://www.hitzpedia.com/2016/07/macam-macam-varian-distro-linux-lengkap.html
https://www.hitzpedia.com/
https://www.hitzpedia.com/
https://www.hitzpedia.com/2016/07/macam-macam-varian-distro-linux-lengkap.html
true
5499516150126358114
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy